Ini Dia, Sejarah Instagram yang Wajib Kamu Ketahui !!!

Sejarah Instagram – Siapa sih yang tidak kenal dengan jejaring media sosial yang satu ini? Yup Instagram bagi sebagian kalangan anak muda generasi Milenial atau lebih dikenal dengan “Generasi Zaman Now” sangat menyukai jejaring media sosial yang satu ini.

Apapun aktivitasnya mulai dari makan, kerja, ataupun aktivitas nya sehari hari setidaknya pasti akan dipublikasikan di akun Instagram mereka. Entah itu di Post ataupun lewat Instastory (baik status berupa foto maupun video) semuanya akan dipublikasikan dengan mudah.

Walaupun Generasi Milenial rata-rata paling banyak menggunakan Instagram. Tetapi sebagian kelompok pun pada saat ini tidak mau kalah, dari artis, “emak-emak” atau “bapak-bapak”, sampai kakek-kakek pun setidaknya punya akun Instagram.

Pendiri Instagram yang menjadi awal mula Sejarah Instagram sendiri kala itu ialah Kevin Systrom dan Mike Krieger dengan menggunakan logo seperti kamera sebagai brandingnya. Instagram sendiri didirikan oleh dua orang tersebut. Dan dinaungi oleh sebuah perusahaan Startup yang berdiri pada tahun 2010 bernama Burbn Inc.

Sejarah Instagram Pertama Kali

Sejarah InstagramBurb Inc, Source : SlideShare (Sejarah Instagram)

Kala itu, Burbn Inc. mencoba untuk mengangun sebuah jejaring sosial yang dibentuk menggunakan pemrograman HTML5 dan piranti bergerak. Akan tetapi akhirnya kedua pria tersebut bernama Kevin Systrom dan Mike Krieger yang sekaligus merupakan CEO di perusahaan tersebut akhirnya lebih memfokuskan pada satu hal saja.

Awal mula Sejarah Instagram, Instagram bukanlah nama pertama bagi aplikasi yang dirancang untuk media jejaring sosial, akan tetapi sesuai dengan nama perusahaanya, Burbn. Versi pertamanya sudah final dan dapat digunakan pada perangkat Iphone dengan banyaknya fitur-fitur yang membingungkan penggunanya.

Akhirnya daripada membuat rancangannya lagi dari awal. Kevin Systrom dan Mike Krieger akhirnya sepakat untuk mengurangi beberapa fitur yang ada dan lebih memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga penambahan fitur like pada sebuah foto.

Nama Instagram sendiri berasal dan dua kata, “insta” berasal dari kata “instan” layaknya kamera polaroid pada masanya yang lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”, sedangkan kata “gram” berasal dari kata “telegram” yang berarti cara kerja yang lebih cepat untuk mengirim informasi. Sehingga Instagram merupakan perpaduan dari kata Instan dan juga Telegram.

Baca Juga :  4 Cara Menambah Like Instagram dengan Cepat

Hingga pada tanggal 9 April 2012. Facebook mengumumkan bahwa Instagram akan diambil alih dengan mahar seharga 1 miliar dollar dalam bentuk tunai dan juga saham. Lalu pada tanggal 11 Mei 2016, Instagram memperkenalkan desain barunya sekaligus ikonnya yang terinspirasi oleh ikon aplikasi sebelumnya dengan warna pelangi dalam bentuk gradien.

Sejarah InstagramFacebook Akuisisi Instagram, Source : Gadgetan (Sejarah Instagram)

Seiring berjalannya waktu, pengguna Instagram terus berkembang. Pada awalnya hanya beberapa saja pengguna yang menggunakan Instagram. Akan tetapi sampai sekarang perkembangannya terus meningkat hingga melebihi 8 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Untuk menyeimbangkan antara stabilitas Instagram dengan penggunanya yang terus menerus meningkat. Versi pembaruan Instagram pun ditingkatkan dan pada tanggal 20 September 2011. Instagram telah meluncurkan versi terbarunya yaitu versi 2.0 dengan beberapa fitur yang ditambahkan dan mengalami perbaikan.

Fitur-fitur unik yang ada di dalam Instagram yaitu sebagai berikut.

Sejarah Instagram yang Wajib diketahui

1. Pengikut atau Followers, Layaknya seperti Twitter atau Facebook

Instagram memiliki fitur pengikut atau Followers, dimana dengan fitur ini pengguna dapat mengikuti pengguna lainnya.

2. Unggah Foto

Layaknya seperti media sosial kebanyakan, Instagram memperbolehkan penggunanya menggungah gambarnya, akan tetapi dengan penambahan fitur tandai sehingga foto yang akan anda unggah tidak boleh melanggar panduan standar komunitas dari Instagram.
Salah-salah anda menggungah foto yang senonoh, foto anda akan otomatis ditandai dan juga kemungkinan akun Instagram anda akan  diblok.

3. Efek Foto

Saat mengunggah foto anda di Instagram, anda dapat mengubah efek yang ada di dalam foto sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menambahkan efek foto menggunakan aplikasi lain, Instagram telah memikirkan itu semuanya.

Begitulah mengenai Sejarah Instagram dan beberapa fitur unik yang ada di Instagram.

Bagikan Ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *